Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah

Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah – Bagi setiap pemilik tanaman, melihat tanaman nya berbuah dengan cepat adalah kepuasan tersendiri. Tapi, bagaimana jika tanaman tersebut tidak berbuah dengan cepat? Pastinya pemilik tanaman akan merasa tidak puas. Sebagian tanaman ada yang berbuah dengan cepat dan ada pula yang berbuah dengan lambat.

Biasanya tanaman yang berbuah lama ada penyebabnya. Penyebabnya bisa dari mana saja, baik itu dari faktor keturunan atau dari faktor agroklimat. Pada umumnya, pemilik tanaman yang tanaman nya tidak berbuah dengan cepat, dilakukan cara untuk mempercepat pembuahan.

Salah satu teknik mempercepat pembuahan adalah dengan hormon. Hormon terdapat di dalam tanaman. Hormon memiliki beberapa macam dan terdapat peranannya terhadap tanaman. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara pembuahan dengan hormon, simak uraian di bawah ini.

Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah

Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah

Hormon pada tanaman atau pada tumbuhan memiliki berbagai jenis. Di dalam suatu tumbuhan, ada beberapa hormon diantaranya adalah hormon giberelin, auksin, asam absisat, sitokinin, dan etilen. Itulah beberapa hormon yang terdapat di dalam tumbuhan. Sama seperti hormon pada manusia, hormon pada tumbuhan pun cara kerja masing-masing hormon berbeda-beda.Baca juga Cara Menyilangkan Bunga Adenium Paling Mudah

Semanya tergantung kepada jenis hormon tersebut. Suatu hormon dapat mendukung kehidupan tumbuh. Tetapi, hormon juga bisa menghambat pertumbuhan bagi tumbuhan tersebut. Berikut ini akan dijelaskan perananan masing-masing hormon di dalam tumbuhan.

  1. Giberelin merupakan hormon yang akan merangsang proses pembelahan sel pada suatu tumbuhan atau tanaman.
  2. Auksin merupakan hormon yang sangat berpengaruh untuk memperpanjang sel pada bagian tanaman terutama bagian pucuk tanamna.
  3. Asam absisat merupakan hormon yang akan menyebabkan timbulnya respon pada suatu tumbuhan untuk melindungi tumbuhan tersebut dari ancaman dari luar.
  4. Sitokinin merupakan hormon yang berperan dalam proses pembelahan sel.
  5. Dan etilen merupakan hormon yang akan mematangkan buah.

Itulah peranan masing-masing hormon di dalam tumbuhan.

Tidak adanya hormon, mungkin tanaman tidak bisa tumbuh dan berkembang karena tidak ada yang merangsangnya untuk tumbuh dan berkembang. Hormon tidak akan terbentuk jika kondisi agroklimat tidak terpenuhi. Selain itu, sinar matahari, unsur hara, dan ketersediaan air juga menjadi faktor terbentuk atau tidaknya hormon.

Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah

Untuk itulah, supaya hormon dapat terbentuk pada tanaman, sebaiknya syarat untuk terbentuknya hormon harus dipenuhi supaya tanaman dapat hidup dengan baik.Tulisan lain Habitat Dan Syarat Tumbuh Tanaman Hias Anggrek

Selain hormon asli dari tanaman, hormon juga ada yang hasil buatan. Semakin lama, orang-orang mulai mengembangkan hasil penemuannya yaitu penemuan hormon buatan. Saat ini, peralatan semakin canggih, hormon pun dapat dibuat dengan menggunakan peralatan yang serba canggih.

Zat Perangsang Tumbuhan Alami Dari Berbagai Tanaman

Namun, karena tidak berasal dari tumbuhan asli, hormon ini biasanya disebut dengan zat pengatur tumbuh atau yang disingkat dengan ZPT. ZPT telah banyak digunakan oleh pembudidaya tanaman yang modern. Harga dari ZPT cukup mahal karena pembuatan nya yang tidak mudah sehingga pembudidaya tanaman yang tradisional tidak bisa menggunakan ZPT ini.

Hormon Sintetis Tanaman Dan Cara Aplikasinya

Hormon merupakan senyawa yang membantu pertumbuhan tanaman. Tanpa adanya hormon, tanaman tidak bisa tumbuh dengan baik. Hormon ada dua jenis, yaitu  hormon asli dengan hormon sintetis. Hormon asli merupakan hormon yang benar-benar berasal dari tumbuhan atau tanaman.

Sedangkan hormon sintetis merupakan hormon yang dibuat oleh manusia. Hormon sintetis lebih dikenal dengan hormon buatan atau hormon zat pengatur tumbuh yang disingkat dengan ZPT. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai hormon sintetis saja.

Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah

Semakin canggih peralatan teknologi, maka semakin banyak pula hal-hal yang dibuat dengan menggunakan peralatan teknologi tersebut. Salah satunya adalah hormon sintetis ini. Karena tiddak berasal dari tumbuhan asli, hormon sintetis ini tidak diberi sebutan sebagai hormon tetapi sebagai zat pengatur tumbuh atau yang disingkat dengan ZPT.

Beberapa tahun yang lalu, ZPT belum diproduksi secara masal. Hanya beberapa orang saja yang memproduksi ZPT ini. Namun, saat ini ZPT telah diproduksi secara massal dan juga telah dijual ke pasar dan di toko pertanian atau toko tempat menjual bahan kimia.Baca juga Teknik Menanam Tanaman Hias Merambat Dalam Pot Rumah

Hormon sintetis atau ZPT memiliki beberapa jenis, diantaranya aalah jenis asam indolbutarat atau yang disingkat dengan IBA, asam indolasetat atau yang disingkat dengan IAA, asam giberelat atau yang disingkat dengan GA, dan asam alfa-naftalenasetat atau yang disingkat dengan NAA.

Sama seperti hormon asli, hormon sintetis pun memiliki peranan tersendiri bagi tumbuhan. Salah satunnya adalah NAA yang berperan untuk mempercepat pembungaan. Hormon sintetis NAA telah banyak digunakan oleh pembudidaya modern.  Hormon NAA dikenal lebih ampuh untuk mempercepat pembungaan.

Beberapa Jenis Tanaman Buah Bagus Menggunakan Hormon Sintetis

Salah satu tanaman yang bisa menggunakan hormon sintetis NAA adalah nanas. Dengan memberikan hormon sintetis NAA kepada tanaman nanas, beberapa minggu kemudian nanas akan mengeluarkan bunga. Bunga tersebutlah yang akan menjadi buah.

Di perkebunan modern, penggunaan hormon sintetis tujuannya bukan untuk mempercepat tanaman berbuah, melainkan untuk mengatur supaya tanaman dapat berbunga lalu berbuah secara serentak. Penggunaan ZPT dapat langsung diberikan kepada tanaman atua dengan cara diaplikasikan.

Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah

Cara mengaplikasikan ZPT adalah dengan melarutkan ZPT ke dalam air. Setelah itu, larutan ZPT dan air dimasukkan ke dalam semprotan dan siap untuk disemprotkan ke daun.

Perlu diketahui bahwa hormon sintetis NAA apabila dipakai dengan berlebihan akan mengakibatkan resiko yang sangat tinggi. Salah satu resikonya adalah dapat mematikan tanaman. Banyak pembudidaya mulai meninggalkan hormon sintetis NAA ini. Untuk alternatifnya, orang-orang lebih memilih menggunakan hormon lainnya atau ZPT lainnya.

Salah satu ZPT yang dapat dijadikan pengganti ZPT NAA adalah Dekastar. Hormon Dekastar dapat memacu semua bagian tanaman dari akar hingga ke pembungaan. Namun tentu saja tidak seefektif hormon khusus untuk bagian-bagian tanaman tertentu. Tetapi, resiko dari hormon Dekastar tidaklah tinggi jika penggunaannya dilakukan dengan tepat.Mungkin hanya ini saja Hormon Perangsang Tanaman Agar Cepat Berbuah semoga membantu dan berguna..Tulisan lain Supaya Tanaman Rutin Berbuah Lebat Sepanjang Masa

Be the first to comment

Leave a Reply