4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti

4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti – Penyakit asam urat dapat diobati dengan berbagai macam cara. Kebanyakan orang lebih memilih mengobati penyakit asam urat dengan menggunakan obat-obatan yang diberi oleh dokter. Sebenarnya ada cara lainnya untuk mengobati penyakit asam urat ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan beragai macam tanaman atau orang-orang lebih menyebutnya dengan cara penyembuhan melalui pengobatan herbal.

Penyembuhan penyakit asam urat dengan cara herbal sebenarnya lebih efektif daripada dengan cara medis. Ada kelebihan dari pengobatan melalui herbal. Beberapa kelebihan tersebut salah satunya adalah dapat mengobati penyakit asam urat tanpa ada efek samping. Berbeda halnya degan obat-obatan yang kadang kala menimbulkan efek samping.

Advertisements

Seperti pengobatan secara medis yang memiliki kelemahan, pengobatan secara medis pun memiliki kelemahannya. Kelemahan dari pengobatan secara herbal ini adalah efek penyebuhannya relatif lama daripada pengobatan secara medis.

4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti

Pengobatan secara herbal biasanya mengambil tanaman yang mengandung beberapa khasiat yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Lantas, apa-apa saja jenis tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat? Jenis tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat diantarnya adalah sebagai berikut.

Pengobatan Asam Urat dengan Tanaman adas

Tanaman adas merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Untuk menemukan tanaman adas ini tidaklah sulit karena tanaman adas dapat tumbuh dimana saja. Daerah yang dapat ditumbuhi tanaman adas adalah daerah dataran rendah yang berketinggian 1700 meter diatas permukaan laut.

4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti

Ciri-ciri dari tanaman adas adalah tumbuh secara merumpun. Di dalam satu rumpun terdiri dari 6 tanaman. Untuk satu tanaman, tingginya bisa mencapai diatas 300 cm. Seperti tanaman pada umumnya, tanaman adas memiliki batang, daun, bunga, dan juga buah. Untuk batangnya sendiri berwarna hijau bercampur dengan biru.

Sedangkan untuk daunnya berwarna hijau dengan ujung dan pangkalnya berbentuk runcing. Bunga adas ini berwarna kuning dengan bentuk seperti payung majemuk. Adas memiliki buah berbentuk lonjong. Panjang buah adas sekitar 5-9 mm. Warna dari buah adas ini adalah hijau jika masih muda. Jika sudah tua, tanaman adas akan berwarna cokelat kehijauan atau hingga  cokelat penuh.

Buah tanaman adas inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai obat untuk penyakit asam urat. Perlu diketahui bahwa di dalam tanaman adas memiliki khasiat-khasiat tersendiri. Bukan hanya untuk mengobati asam urat saja, tetapi ada khasiat lainnya untuk mencegah maupun untuk mengobati penyakit lainnya. Khasiat dari tanaman adas diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi rasa sakit pada asam urat.
  • Meredakan batuk berdahak.
  • Megatasi sakit perut, diare, dan perut kembung.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Menghancurkan batu ginjal.
  • Nyeri haid dapat diatasi.
  • Sesak napas dapat teratasi.

Itulah beberapa khasiat yang ada di dalam tanaman adas.

Di dalam tanaman adas mengandung anetol. Anetol merupakan zat yang dapat melegakan perut. Karena itulah adas dapat dijadikan sebagai pengobatan herbal.

Pengobatan Asam Urat dengan Bawang Putih

Asam urat dapat diobati dengan menggunakan cara herbal. Pengobatan dengan cara herbal dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman. Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai pengobatan herbal untuk penyakit asam urat adalah bawang putih. Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa bawang putih dapat dijadikan sebagai obat asam urat.

4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti

Orang-orang lebih mengenal bawang putih digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Sebenarnya, di dalam bawang putih terkandung khasiat-khasiat yang tidak diketahui oleh orang banyak. Tidak hanya khasiat saja, tetapi bawang putih juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Di negara luar Indonesia seperti di negara-negara yang telah maju menggunakan bawang putih sebagai pengganti penicillin. Penicillin merupakan obat yang digunakan untuk mengobati luka. Di dalam bawang putih memang mengandung senyawa aktif. Apa-apa saja kandungan senyawa aktif di dalam bawang putih? Kandungan senyawa aktif di dalam bawang putih diantaranya adalah sebagai berikut.

Senyawa sulfida. Di dalam senyawa sulfida terbagi lagi beberapa senyawa lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Senyawa allicin.
  • Senyawa allinase.
  • Senyawa diallyl trisulphide.
  • Senyawa allisatin.
  • Senyawa allypropyl disulphide.
  • Mengandung kadar air 70 gram.
  • Zat besi 2 mg.
  • Karbohirat 25 gram.
  • Kalsium 40 mg.
  • Protein 8 gram.
  • Dan kalium 375 mg.

Itulah beberapa kandungan senyawa yang ada di dalam bawang putih.

Khasiat serta manfaat dari bawang putih sebagai pengobatan herbal asam urat

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa bawang putih dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Pernyataan tersebut memang benar. Di dalam bawang putih mengandung senyawa yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit asam urat, ternyata bawang putih memiliki khasiat lainnya.

Apa-apa saja khasiat yang terkandung di dalam bawang putih? Khasiat yang terkandung di dalam bawang putih diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai antibiotik dan antioksidan dalam tubuh.
  • Kadar asam urat yang terlalu berlebihan dapat dikurangi dengan bawang putih ini.
  • Kadar kolesterol di dalam darah dapat dikurangi dengan bawang putih.
  • Serangan jantung dapat dicegah dengan menggunakan bawang putih.
  • Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan lagi dengan bawang putih.
  • Menghambat penuaan pada jaringan sel di otak.
  • Dapat mengurangi gejala diabetes melitus.
  • Sistem pencernaan yang terganggu dapat distabilkan.

Itulah beberapa khasiat yang terkandung di dalam bawang putih.

Jadi, sudah terbukti bahwa bawang putih memiliki khasiat tersendiri. Tidak hanya untuk mengobati asam urat saja, tetapi juga dapat mengobati penyakit lainnya. Itulah keistimewaan dari bawang putih. Walaupun bentuknya kecil dan seakan tidak ada manfaatnya, ternyata dibalik semuanya ternyata bawang putih memiliki khasiat dan fungsi bagi organ tubuh kita.

Pengobatan Asam Urat Dengan Daun Sendok

Daun sendok merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh liar. Dahulu, tanaman daun sendok ini tumbuh liar seperti  semak bahkan dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu bagi petani padi atau petani lainnya sehingga perlu dibasmi. Namun, saat ini daun sendok sangat berguna sebagai bahan pengobatan herbal.

4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti

Advertisements

Sudah banyak orang yang membudidayakan daun sendok ini guna untuk pengobatan herbal. Jadi, tanaman daun sendok yang dulunya dianggap sebagai gulma saat ini berubah menjadi tanaman yang sangat berguna untuk pengobatan herbal bahkan kini daun sendok ini dibudidayakan.

Mengapa dikatakan sebagai daun sendok? Dikatakan sebagai daun sendok dikarenakan bentuk dari daun sendok sama seperti sendok. Daun sendok memiliki ukuran tinggi sekitar 16-19 cm. Daun dari tanaman ini bentuknya bulat seperti telur dan merupakan daun tunggal. Permukaan daun tanaman ini seikit berbulu dan licin.

Seperti tanaman pada umumnya, tanaman daun sendok ini memiliki bunga majemuk yang tersusun dalam buliran yang panjang. Panjang buliran tersebut sekitar 29 cm dan warnanya putih. Biji dalamnya berbentuk bulat seperti telur dan warnanya hitam serta sedikit keriput.

Kandungan senyawa aktif di dalam daun sendok sebagai pengobatan penyakit

Daun sendok memiliki kandungan senyawa aktif di dalamnya. Kandungan senyawa aktif tersebutlah yang menjadikan tanaman daun sendok menjadi berkhasiat. Apa-apa saja kandungan senyawa aktif yang ada di dalam tanaman daun sendok? Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam tanaman daun sendok adalah sebagai berikut.Baca juga Gejala Asam Urat Sekunder Serta Tata Cara Pengobatan Alami

  1. Mengandung palantagin.
  2. Mengandung ursolik.
  3. Mengandung apigenin.

Mengandung plantaglusida. Di dalam kandungan plantaglusida ternyata ada lagi kandungan senyawa aktif lainnya, diantaranya adalah:

  1. Methyl -galakturonat.
  2. D-galaktosa.
  3. L-rhammosa.
  4. Dan L-arabinosa.
  1. Mengandung aucubin.
  2. Mengandung betasitosterol.
  3. Dan mengandung n-hentriakontan.

Itulah beberapa kandungan senyawa aktif  di dalam daun sendok.

Tidak hanya di daunnya saja, tetapi biji daun sendok pun juga mengandungan senyawa aktif. Senyawa aktif yang terkandung di dalam biji daun sendok adalah sebagi berikut.

  1. Mengandung asam planterolik.
  2. Mengandung musilago.
  3. Mengandung asam suksinat.
  4. Mengandung akholin.
  5. Mengandung katalpo.
  6. Mengandung flavanone glycoside.
  7. Mengandung protein.
  8. Mengandung aucubin.
  9. Mengandung adenin.
  10. Menganung cholin.
  11. Dan mengandung syringin.

Itulah kandungan senyawa aktif yang ada di dalam biji daun sendok.

Khasiat dan manfaat daun sendok Untuk penyakit asam urat

Sebagai tanaman yang di budidayakan, tanaman sendok tentunya memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa bagian dari tanaman daun sendok yang memiliki khasiat serta manfaat. Contohnya seperti biji daun sendok. Biji daun sendok ini sangat berguna untuk mengobati asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam darah.

 

Dengan begitu, lama kelamaan penyakit asam urat akan mulai sembuh dengan perlahan. Walaupun waktunya lama, namun penyembuhan ini sangat efektif karena dapat sembuh secara total. Tidak hanya bagian biji saja, tetapi bagian tanaman daun sendok lainnya juga dapat dijadikan sebagai pengobatan herbal, asalkan dengan sayarat bagian tanaman sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Pengobatan Asam Urat Dengan Jahe merah

Berbicara mengenai jahe, siapa yang tidak mengenal dengan tanaman yang satu ini? Jahe merupakan tanaman yang sudah melekat diingatan orang-orang di dunia ini. Jahe merupakan tanaman yang memiliki bentuk tanaman yang rimpang kuat serta dapat menjalar.

4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti

Jahe terbagi atas beberapa jenis. Dan salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah merupakan tanaman yang berbatang semu serta batangnya berwarna hijau sedikit kemerahan. Batang dari tanaman jahe merah terbagi lagi atas pelepah daun. Pelepah daun ini biasanya terletak dipinggir batang serta posisi dari pelepah daunnya yang berhadapan.

Seperti jahe pada umumnya, jahe merah memiliki rimpang kecil yang berlapis-lapis. Aroma dari rimpang ini sangatlah tajam. Rimpang dari jahe merah ada yang berwarna jingga dan ada pula yang berwarna merah.Baca juga 4 Tahap Klinis Gejala Penyakit Asam Urat Wajib Anda Tahu

Kandungan senyawa aktif di dalam jahe merah sebagai pengobatan herbal

Ternyata, jahe merah memiliki kandungan senyawa aktif. Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam jahe merah adalah sebagai berikut.

  1. Mengandung minyak atsiri.
  2. Mengandung pati.
  3. Dan mengandung oleoresin.

Itulah beberapa kandungan senyawa aktif  yang ada di dalam jahe merah. Tidak hanya jahe merah saja yang memiliki kandungan senyawa aktif, tetapi bagian jahe merah lainnya seperti rimpang jahe merah juga memiliki kandungan senyawa aktif. Kandungan senyawa aktif di dalam rimpang jahe merah diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengandung arginine.
  2. Mengandung alphalinolenic acid.
  3. Mengandung beta-sitosterol.
  4. Mengandung capsaicin.
  5. Mengandung farnesal.
  6. Menganddung unsur pati.
  7. Mengandung zingeron.
  8. Mengandung aspartic.
  9. Mengandung caprylic acid.
  10. Mengandung chlorogenis acid.
  11. Dan mengandung farnesene.

Itulah beberapa kandungan senyawa aktif di dalam rimpang jahe merah.

Jahe merah umumnya memiliki rasa yang pahit serta pedas. Rasa yang pahir dan pedas tersebut didapatkan dari kandungan senyawa aktif oleoresin di dalam jahe merah. Kandungan senyawa aktif oleoresin ini termasuk ke dalam minyak yang tidak mudah menguap. Di oleoresin inilah yang dapat memberikan rasa yang pahit dan pedas pada jahe merah.

Tidak hanya rasa pahit dan pedas saja yang ada di dalam jahe merah, tetapi jahe merah juga mengeluarkan aroma yang khas. Aroma yang khas yang dikeluarkan dari jahe merah didapatkan dari kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri inilah yang membuat jahe merah mengeluarkan aroma yang khas.

Khasiat dan manfaat dari jahe merah untuk asam urat

Jahe merah memiliki khasiat tersendiri. Khasiat dari jahe merah diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Antiradang.
  2. Merangsang aktivitas syarat pusat.
  3. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
  4. Mengatasi masalah pencernaan yang kurang baik
  5. Mengobati masuk angin.
  6. Mengatasi rasa nyeri akibat asam urat.
  7. Merangsang keluarnya ASI.
  8. Sebagai obat pencahar dan sakit encok.
  9. Dan mengatasi radang, nyeri otot, asm,a anemia, dan demam.

Itulah beberapa khasiat yang ada di dalam jahe merah. Mengkonsumsi jahe merah tidak hanya bisa dilakukan secara langsung tetapi juga dapat dilakukan dengan cara mengolahnya terlebih dahulu. Contoh olahannya seperti minuman yang terbuat dari jahe dan lain sebagainya.demikian 4 Tanaman Ampuh Membasmi Penyakit Asam Urat Terbukti semoga berguna..Tulisan terkait 6 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Paling Terbukti

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply